Senin, 02 Mei 2011

Refleksi dari masa lalu di masa depan

Banyak quotes yang bilang kalau apa yang kita rasakan hari ini adalah hasil dari perbuatan yang kita lakukan di masa lalu. Yah, seengganya itu yang gw rasain walaupun bukan "hasil" dari perbuatan gw di masa lalu, tapi lebih ke apa yang pernah gw lakuin di masa lalu.

Cerita kembali ke masa gw SMA tingkat 2 sekitar tahun 2005-2006, dimana pada waktu itu ada acara sekolah yang mewajibkan setiap kelas mewakili negara-negara di dunia untuk dilombakan baik lomba pidato bahasa inggris ataupun bazar pada puncak acara (seengganya 2 lomba itu yang gw inget :p). Gw sebagai ketua kelas yang ga berpengalaman harus memutar ide, siapa yang akan dikirim buat lomba dan apa yang akan disajikan di stand pada saat bazar. oh iya kebetulan saat itu kelas gw kebagian negara Perancis.

Dibantu temen-temen gw akhirnya untuk masalah pidato bahasa inggris sudah selesai karna kebetulan ada temen gw yang jago bahasa inggris (yang pasti bukan gw). Temen-temen gw yang kreatif waktu itu pengen ada hal yang beda buat bazar, dan entah darimana datangnya tiba-tiba ada yang bilang "gimana kalo bikin menara Eiffel buat dipajang di stand?" temen-temen gw pada setuju dan dilemparlah "pekerjaan" itu ke gw (dan entah kenapa gw bilang setuju).

Seharian gw memutar otak gimana caranya bikin menara Eifel dan akhirnya memutuskan bikin menara Eiffel itu dari sumpit. Setelah gw pusing sendiri mikirin caranya, akhirnya gw pergi beli perlengkapan di toko di tengah kota Cianjur. Karna hal itu pula akhirnya gw beli barang-barang asal-asalan yang kira-kira bisa kepake, yaitu lem dan paku kecil. Setelah berkutat seharian, akhirnya gw memutuskan pake lem kayu sebagai perekat karna kalau pake paku, sumpit yang ada terlalu kecil dan bisa retak kalau dipaksa. 

Seminggu gw berkutat buat bikin menara Eiffel, dan seinget gw saat H-2 acara bazar gw mesti ke Cirebon (lupa ada acara keluarga apa) dengan ninggalin menara Eiffel buatan gw yang belum beres. Yup, puncak menara Eiffel ga sempet gw beresin dan gw minta temen-temen gw buat beresin itu karna mau dipake buat pendamping temen gw yang akan maju di pidato bahasa Inggris pada saat H-1 puncak acara. Selama di Cirebon gw ga tenang karna mikirin gimana nasib menara Eiffel. Tapi kecemasan gw akhirnya ga sia-sia karna gw dapat kabar kalau temen gw masuk 3 besar dan juri sangat terkesan dengan menara Eiffel buatan gw (seengganya tanpa puncaknya :p). Yap, akhirnya ada hal yang bisa gw lakuin dan walaupun itu cuma hal kecil tapi bikin gw bangga.

Hal itu yang pernah gw lakuin di masa lalu. Ga pernah kepikiran kalau 5-6 tahun yang lalu gw bikin menara Eiffel dari sumpit sekarang gw bisa langsung liat menara Eiffel "asli" pake mata kepala gw sendiri. Yup, saat gw menimba ilmu di Swedia, pada bulan Januari 2011 gw bisa maen ke Paris dan berkunjung ke menara Eiffel. Takjub dan terpana gw liat menara Eiffel, tanpa pernah berfikir kalau dulu gw pernah nyiptain tiruannya dari sumpit. Baru setelah 3 bulan kemudian akhirnya gw tersadar, entah itu kebetulan atau gw yang nyambung-nyambungin aja dan walaupun gw ga pernah berharap pergi ke Paris, ternyata gw bisa menjadikan hal yang dulu pernah gw lakuin menjadi kenyataan. 


Akhirnya perbuatan gw bikin menara Eiffel di masa lalu terefleksikan di masa depan, walaupun pada saat gw pulang dari Paris hati gw hancur karna kehilangan orang yang gw sayangi (sama hancurnya dengan menara Eiffel buatan gw karna dirusak temen-temen gw setelah lomba pidato bahasa inggris masuk 3 besar). 

Maka jalanilah hidupmu sebaik mungkin, karna kita ga tau kedepannya akan seperti apa. Jangan meremehkan hal kecil karna siapa yang tahu suatu saat hal kecil itu akan menjadi hal besar di masa depanmu. Bermimpilah..Berjuanglah..Karna suatu saat nanti walaupun harus menunggu bertahun-tahun kemudian mimpi itu akan terwujud^^.

2 komentar:

  1. Sumpah merinding bacanya. Yap bisa ya bisa ga, cuman klo dari ilmunya the secret, saat kita menginginkan sesuatu maka refleksikan, then semesta bakal wujudin itu. Katanya sih hehe. Btw kapan ya ane bisa k paris. Hehe bukan hal yg mustahil kan, sama seperti tidak mustahilnya ente bakal cepet dapet penggantinya.

    Bro mantap ente, temen sekamar pas diploma udah sukses sekarang. Gracias

    BalasHapus
  2. yup, klo punya keinginan maka harus dikejar sampe dapet,,
    Insya Allah gan pasti ada saatnya rezeki sapa yang tau ente k Paris ato bahkan keliling dunia (k bulan mungkin:p)
    hehe ane blm sukses gan, ente yg udah sukses membina keluarga kecil yg bahagia..

    yang pasti sukses buat kita semua, merdekaaaaaa..

    BalasHapus